Gabung sekarang juga di PortalGaming.id - klik disini
7 Masalah Yang Bisa Terjadi Jika Lo Mainkan Game Bajakan

7 Masalah Yang Bisa Terjadi Jika Lo Mainkan Game Bajakan

Pembajakan bukan sesuatu yang baru dalam ranah benda digital. Praktis dan mudah menjadi dalih bahwa benda yang tak miliki bentuk fisik tersebut banyak “dicuri” dan hasil “curiannya” diperjual-belikan. Tak terkecuali video game.

Tapi, memainkan game bajakan memberi banyak masalah bagi yang membajak . Berikut gambaran sejauh mana masalah yang bisa saja terjadi jika kamu masih keras kepala memainkannya.

Terjerat kasus pidana

Hukum di Indonesia sendiri memang belum menitik-beratkan kasus pembajakan video game dan benda digital lain. Ada, tapi kayaknya cuman sebatas tulisan saja. Kalo yang punya tidak akan diimplementasikan atau ditegaskan. Hal ini juga dipicu berkat ketidakpedulian masyarakatnya kepada hal tersebut. Tak jarang banyak celotehan dari mereka yang mengatakan, “Orang cuman game” dan seterusnya. Menganggap hal yang sebenarnya besar,  menjadi hal yang sepele. Ingat, game tidak se-sepele yang diduga. Beberapa dari kamu saja bisa ngamuk kan jika ada orang sebar meme yang tidak ada sumbernya, bilang nyolonglah dan sebagainya. Game sebenernya juga sama, kamu ngebajak ya sama kayak nyolong gamenya, nyolong hak ciptanya. Kalo mau, sebenarnya pemerintah bisa memberlakukan hukumnya. Karena semua log internetmu akan tercatat di database BUMN. Jadi mereka akan dengan mudah mencarimu dan menjerat pasal yang ada.

Tak dapatkan update terbaru

Update adalah bagian paling penting di game, karena dengan update maka beberapa bug yang kamu temukan di versi 1.0 akan diperbaiki di versi 1.1 dan seterusnya. Jika kamu memutuskan untuk memainkan game bajakan, maka kamu takkan dapatkan update yang pada umumnya akan membuat pengalaman bermain gamemu menjadi lebih baik.

Tak bisa menyelesaikan misi

Jika memasang Denuvo dan proteksi masih bisa ditembus, maka cara satu-satunya developer untuk mencegahmu main game bajakan adalah menghentikanmu di dalam game. Batman Arkham Asylum misalnya yang tidak bakal izinin Batman untuk menggunakan grappling hook miliknya dan meski bisa dipake, dia akan terlempar ke tempat lain. Masih banyak cara developer buat berikan efek jera tersebut.

Tak bisa menggunakan controller (Khusus PC)

Tidak semua memang, tapi game hasil bajakan para grup pembajak seperti CODEX takkan bisa sambungin controller ke PC untuk beberapa game yang mereka bajak dari Steam. Beberapa kasus yang ditemukan di forum darkside adalah ribetnya menjalankan controller dengan baik untuk “karya” mereka. Memaksa mereka harus melakukan cara lain agar bisa menggunakannya dengan baik. Tapi ya ribet caranya. Sekali lagi saya bilang “Tidak semuanya” tapi kemungkinan besar pasti ada.

Tidak bisa bermain multiplayer atau online

Emang bukan jadi rahasia lagi kalo main game bajakan itu tidak bisa online. Tapi tidak hanya main online aja, tapi kemampuan biar online juga bisa jadi ancaman. Khususnya kamu yang main game bajakan di konsol. Microsoft dengan Xbox 360 misalnya yang pada akhirnya banned nyaris satu juta player berkat mereka mencoba untuk memodifikasi konsolnya agar bisa main game bajakan. Hal ini sudah tertulis di aturannya dan dengan konsekuensi bahwa mereka akan banned devicenya juga. PlayStation juga melakukan hal serupa.

Tidak bisa main gamenya kalau sudah online

Ini biasanya terjadi sama konsol ya. Kalo kamu beli konsol bajakan, misalnya PS4 bajakan. Maka jelas penjual akan mengatakan untuk memainkannya tanpa koneksi internet, baik kabel maupun wifi. Hal ini disebabkan karena kamu tidak bakal bisa mainin gamenya kalo udah nyambung ke internet. Berkat PlayStation langsung deteksi bahwa game yang kamu punya bukan punyamu jadi mereka menguncinya.

Merusak PC atau konsol

Senyap tak bersuara namun menimbulkan masalah, itulah malware yang dapat merusak PC atau konsolmu. Sepercayanya kamu dengan website kepercayaan kamu, apalagi jika download menggunakan torrent. Besar kemungkinan PCmu bisa saja dijangkiti malware berbahaya. Karena malware macem-macem bentuknya, dari yang keliatan sama tidak kelihatan. Terlebih ada jenis baru ‘kan yakni malware yang namanya ransomware, salah pencet tombol download aja bisa bermasalah. Kasus kayak malware bitcoin miner juga sempat terjadi di masa lalu gara-gara ada orang yang download versi bajakan dari Watch Dogs. Membuat PC korban digunakan untuk mining dari jarak jauh oleh pelaku.

 

Sumber : https://gamebrott.com/8-masalah-yang-bisa-terjadi-jika-kamu-main-game-bajakan

 

Enable Notifications OK No thanks