Gabung sekarang juga di PortalGaming.id - klik disini

Google Ketahuan Blokir Layanan Stadia Cloud Gaming di Browser Edge Terbaru

Apakah ini merupakan strategi Google untuk menyaingi browser Edge Chromium yang baru dibuat oleh Microsoft?

Google Ketahuan Blokir Layanan Stadia Cloud Gaming di Browser Edge Terbaru – Meskipun Microsoft akhir – akhir ini membuat ulang browser Edge terbaru milik mereka menjadi berbasis Chromium, namun tampaknya Google masih memberikan “treatment” khusus untuk browser terbaru milik Microsoft. Hal ini dilaporkan Tom Warren dari The Verge, Warren melaporkan bahwa platform cloud gaming milik Google tersebut tidak dapat diakses melalui Browser Edge Chromium buatan Microsoft. Meski tampaknya Google memblokir layanan Stadia di Edge Chromium, namun hal ini masih bisa diatasi dengan merubah string agent milik pengguna menjadi Chrome.

Dalam hal pemasaran sendiri Google tidak menyebutkan bahwa layanan Stadia miliknya tersedia juga di browser – browser berbasis Chromium lainnya, pada laman support Stadia sendiri hanya di cantumkan bahwa untuk menjalankan layanan cloud gaming tersebut diperlukan browser Chrome versi 77 atau yang terbaru. Meski begitu, layanan Stadia masih tetap berjalan baik di browser Edge Chromium dengan mengubah string Agent terlebih dahulu menjadi Chrome, dan Stadia sendiri masih dapat diakses dengan browser berbasis Chromium lainnya yang menggunakan string agent Chrome yaitu Brave.

Sebagai tambahan Google juga telah menerapkan hal serupa pada YouTube dan Google Drive, dengan fitur tambahan yang mereka tambahkan untuk mendeteksi browser agar memblokir akses untuk kedua website tersebut pada Browser Edge Insider yaitu, Browser Edge Chromium yang masih dalam tahap preview kala itu. Dan setelah ketahuan melakukan hal tersebut, akhirnya Google kembali membuka akses kedua website tersebut agar dapat diakses dengan Edge Chromium.

Tidak jelas mengapa Google membiarkan pengguna Edge Chromium tidak dapat menikmati layanan cloud gaming mereka sekarang, namun tentu saja kita berharap agar kedepannya Google dapat mengubahnya nanti.

More Stories
[Rumor] Activision dan Radical Entertainment Sedang Kerjakan Prototype 3?
[Rumor] Activision dan Radical Entertainment Sedang Kerjakan Prototype 3?