Gabung sekarang juga di PortalGaming.id - klik disini
Menkominfo Pertimbangkan Untuk Blokir Game Online

Menkominfo Pertimbangkan Untuk Blokir Game Online

Menkominfo Pertimbangkan Untuk Blokir Game Online – Baru – baru ini terdapat kabar mengenai Bupati Mukomuko yang ingin melarang game online yaitu PUBG Mobile, Free Fire dan Mobile Legends. Beliau ingin melarang game online tersebut dikarenakan game tersebut memberikan dampak negatif kepada anak – anak. Dilansir dari Kompas, kabarnya Kominfo ternyata akan mempertimbangkan untuk memblokir game online tersebut.

Menkominfo Pertimbangkan Untuk Blokir Game Online

Kominfo mengatakan, bahwa mereka akan mempertimbangkan serta memproses semua permohonan laporan pemblokiran yang mereka terima sesuai dengan regulasi yang berlaku. Pernyataan tersebut disampaian oleh Dedy Permadi selaku Juru Bicara dari Kominfo. Beliau juga mengatakan “jika” nanti pemblokiran tersebut disetujui, maka akan diproses secara hati – hati dan sesuai dengan perundangan yang sudah diatur dalam Peraturan Mentri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat yang diubah melalui Pertaturan Mentri Kominfo Nomor 10 Tahun 2021. Maka dari itu, Kominfo berwenang untuk memblokir game online tersebut jika memang menganggap ada tayangan atau muatan yang dilarang.

“Bupati mendapatkan keluhan dari masyarakat setempat soal game online yang sering diakses anak anak usia sekolah,” Kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dalam menerangkan latar belakang surat dari Bupati Mukomuko. Pada surat tersebut, Game online disebut memberikan dampak negatif pada perkembangan anak dan pendidikan dalam sisi kesehatan. Selain itu dikhawatirkan akan berdampak kepada psikologis anak juga yang akan membuat anak anak menjadi egois dan individual. Sehingga Pemda Mukimuko berpendapat, masalah game online tidak bisa hanya dengan meminta peran orang tua, namun perlu perhatian juga dari pemerintah.

Namun jika kita lihat dari sisi lain, keberadaan game online tidak terlalu buruk juga. Karena dari game online mulai munculnya berbagai pekerjaan baru seperti Streamer, Youtuber, hinggal orang – orang yang sukses dalam menjual voucher game. Meskipun tak dapat dipungkiri juga bahwa game online bisa memberikan dampak negatif.

More Stories
Epic Games Berikan Gugatan Kepada Tester Fortnite
Enable Notifications    Ok No thanks