Gabung sekarang juga di PortalGaming.id - klik disini
Rekomendasi Prosesor

Rekomendasi Prosesor Intel Terbaik dan Prosesor AMD Terbaik di Tahun 2022

Last updated:

 

Rekomendasi Prosesor

Mencari sebuah rekomendasi prosesor Intel terbaik atau prosesor AMD terbaik, terlebih di tahun ini tentu miliki tantangannya sendiri. Berkat usaha dari sang manufaktur yang tiada henti-hentinya untuk sempurnakan prosesor miliknya, kembali kami suguhkan rekomendasi yang kami rasa menarik.

Banyaknya pilihan prosesor yang ada saat ini biasanya akan membingungkan mereka-mereka yang ingin merakit sebuah komputer. Salah satunya adalah lompatan generasi prosesor dengan banderol harga yang sudah tak relevan dengan zaman now. Oleh karena faktor tersebutlah rekomendasi ini dibuat, memudahkan para pembaca.

Untuk mudahkanmu membaca, kami akan pisahkan prosesor Intel terbaik dan prosesor AMD terbaik jadi dua bagian. Rekomendasi Prosesor Kubu Biru dan Merah di Tahun Ini

Disclaimer:

Perlu dicatat bahwa rekomendasi ini dibuat berdasarkan preferensi penulis pribadi. Selain itu, akan diurutkan berdasarkan harga mengikuti performa yang ditawarkan. Terakhir, semua harga dihimpun hanya berdasarkan satu e-commerce terkenal yang ada di tanah air.

Rekomendasi Prosesor Intel Terbaik di Tahun 2022

Siapa yang tak kenal dengan kubu biru Intel yang sedari dulu merupakan jagonya di daerah penulis. Setelah hampir tiga dekade, nama dari kubu biru tampak masih tetap harum. Berbekal lompatan teknologi, mencari rekomendasi prosesor Intel terbaik di tahun 2022 bukanlah hal sulit.

  1. Intel Pentium Gold G7400

     

    Rekomendasi Prosesor

    Boleh dikatakan bahwa Intel G7400 merupakan salah satu prosesor Intel terbaik, khususnya di entry-level. Meski hanya dibekali 2 cores dan 4 threads, namun implementasi socket baru tampaknya berhasil dongkrak prosesor yang biasanya sasar pasar entry-level ini.

    Untuk sempurnakan eksistensi dari prosesor ini, tak lupa kubu biru lengkapinya dengan integrated Intel UHD 710. Selain itu, dukungan PCI Express 4.0 bahkan 5.0 sudah disematkan ke dalam prosesor entry-level satu ini, jadikannya boleh dievaluasi kembali.

  2. Intel Core i3-10105F

    Rekomendasi Prosesor

    Meski tidak baru-baru amat, namun prosesor Intel Core i3-10105F berhasil amankan posisinya sebagai salah satu prosesor Intel terbaik. Tawarkan 4 cores dan 8 threads yang merupakan standar zaman now, menyasar mereka-mereka yang telah miliki sebuah GPU.

    Prosesor dengan akhiran ‘F’ sudah barang tentu tak miliki integrated, dan membutuhkan sebuah GPU untuk dapat tampilkan visual. Prosesor yang juga sasar entry-level ini tampaknya tak boleh kamu remehkan karena harga yang ditawarkan memanglah cukup menarik. Dukungan PCI Express 3.0 hanya salah satu yang jadi limitasi dari prosesor murah ini.

  3. Intel Core i3-12100F
    Rekomendasi Prosesor

    Beralih ke rekomendasi prosesor yang lebih baru, tentunya tidak lain dan tidak bukan Intel Core i3-12100F. Konfigurasi 4 cores dan 8 threads tampak masih setia temani eksistensi prosesor entry-level dengan codename Alder Lake ini. Tentu, prosesor ini bisa digunakan untuk memainkan games, namun harus ditenagai oleh GPU ya, sobat!

  4. Intel Core i5-12600K
    Rekomendasi Prosesor

    Melompat langsung ke kategori prosesor dengan akhiran ‘K’ yang berarti overclockable yang masih relatif murah adalah prosesor Intel Core i5-12600K. Prosesor Intel Generasi Ke-12 ini tawarkan 10 cores (6P+4E) dan 16 threads. Meski demikian, overall prosesor ini enak digunakan untuk aktivitas apapun.

    Selain ditanamkan integrated Intel UHD 770 yang sudah termasuk cukup kuat untuk nge-game, prosesor ini bisa di-overclock demi tambahan performa. Kembali dicatat bahwa integrated yang ada setidaknya bisa memainkan beberapa games dengan resolusi 1080P meski rata kiri.

  5. Intel Core i7-12700K

    Rekomendasi Prosesor

    Buatmu yang membutuhkan performa ekstra, mungkin bisa kembali evaluasi untuk dapatkan Intel Core i7-12700K. Adalah salah satu prosesor Intel terbaik tahun ini, rasanya sudah lebih dari cukup untuk urusan produktivitas dan nge-game. Tawarkan 12 cores (8P+4E) dan 20 threads yang tentunya bisa melibas aktivitas apapun dengan mudahnya. Biasanya, guna dari prosesor Intel Core i7-12700K ini peruntukannya lebih untuk gaming ketimbang content creation atau malah workstation. Satu hal yang pasti, kemampuannya tak usah diragukan.

 

 

 

Rekomendasi Prosesor AMD Terbaik di Tahun 2022

Melompat beberapa dekade silam, kubu merah AMD biasanya cukup dikenal di kalangan overclocker. Potensi yang ditawarkan deretan prosesor AMD terbaik pada masanya seolah jadi dorongan untuk senantiasa keluarkan produk berkualitas.

  1. AMD Athlon 3000G

    Rekomendasi Prosesor

    Kalau boleh blak-blakan, sebenarnya prosesor AMD Athlon 3000G ini sudah ideal buatmu yang miliki dana pas-pasan namun inginkan komputer gaming. Dibekali 2 cores dan 4 threads, yang disempurnakan dengan iGPU Vega 3, rasanya sudah lebih dari cukup untuk mainkan games. Yah, walau dengan resolusi kecil dan pengaturan yang disesuaikan.

    Kalau boleh blak-blakan, sebenarnya prosesor AMD Athlon 3000G ini sudah ideal buatmu yang miliki dana pas-pasan namun inginkan komputer gaming. Dibekali 2 cores dan 4 threads, yang disempurnakan dengan iGPU Vega 3, rasanya sudah lebih dari cukup untuk mainkan games. Yah, walau dengan resolusi kecil dan pengaturan yang disesuaikan.

  2. AMD Ryzen 3 4100

    Rekomendasi Prosesor

    Nah, buatmu yang mencari rekomendasi prosesor AMD terbaik boleh bersenang hati, karena Ryzen 3 4100 merupakan keluaran terbaru. Hadirkan prosesor dengan konfigurasi 4 cores dan 8 threads yang merupakan standar zaman now pake banget.

    Namun, harus digarisbawahi bahwa dibutuhkan GPU untuk dapat tampilkan visual. Buatmu yang butuhkan prosesor kubu merah baru namun bisa diajak sedikit ‘serius’, mungkin bisa evaluasi prosesor satu ini. Kembali prosesor yang memang sasar entry-level ini bisa kamu evaluasi.

  3. AMD Ryzen 5 5500

    Rekomendasi Prosesor

    Dikarenakan prosesor AMD Ryzen 5 4600G belum menunjukkan tanda-tanda kehadirannya sama sekali, maka penulis skip ke prosesor Ryzen 5 5500. Tawarkan 6 cores dan 12 threads, rasanya sudah lebih dari cukup untuk eksekusi tantangan sehari-hari dengan mudahnya.

    Kembali catat bahwa kamu harus memiliki GPU untuk dapat gunakan prosesor yang memang tak ditanamkan iGPU di dalamnya. Di sisi lain, teknologi serba baru telah ditanamkan kubu merah AMD untuk menyaingi kubu biru Intel.

  4. AMD Ryzen 5 5600G

    Rekomendasi Prosesor

    Sebenarnya, AMD Ryzen 5 5600G ini bisa jadi salah satu prosesor AMD terbaik tahun ini hanya bila harganya lebih bersahabat. Meski demikian, konfigurasi 6 cores dan 12 threads yang diperkuat dengan iGPU Vega 7 bisa jadi alternatif, setidaknya untuk sementara.

    Biasanya, prosesor ini lebih diperuntukkan buat mereka-mereka yang tak gunakan GPU tambahan di kemudian hari atau digunakan pada Mini PC. Nilai lebih dari 5600G ini ialah iGPU-nya sudah lebih dari cukup untuk memainkan games sekelas Genshin Impact pada resolusi 1080P.

  5. AMD Ryzen 7 5800X3D

    Rekomendasi Prosesor

    Buatmu yang butuhkan prosesor kuat namun masih relatif terjangkau, mungkin bisa coba evaluasi AMR Ryzen 7 5800X3D. Tawarkan 8 cores dan 16 threads, namun dengan L3 Cache tiga kali lipat dari versi pertamanya. Prosesor ini merupakan barang baru yang diluncurkan baru-baru ini secara global untuk lawan Alder Lake, Sobattt.

Demi rebut tahtanya kembali, kubu merah AMD terlihat percaya diri dengan kemampuan prosesor barunya tersebut. Terlebih dengan ditanamkannya teknologi 3D Cache yang benar-benar baru, seharusnya prosesor ini bisa taklukkan lini Alder Lake dengan mudahnya.

Selain itu, ketika memilih prosesor Intel terbaik maupun prosesor AMD terbaik, rasanya tak masalah bila langsung meminang yang terbaru sekalian. Terlebih bila kamu sudah cukup lama menabung untuk merakit komputer idaman, mungkin ini adalah saat yang tepat buatmu, Sobattt.

BACA JUGA : LEAK GENSHIN IMPACT : MENGUNGKAPKAN INFORMASI LEBIH LANJUT TENTANG KARAKTER BARU COLLEI DAN 1 WORLD BARU

Enable Notifications OK No thanks