Gabung sekarang juga di PortalGaming.id - klik disini
Steam Input API Kini Dukung Penuh Controller DualSense PS5

Steam Input API Kini Dukung Penuh Controller DualSense PS5

Steam Input API Kini Dukung Penuh Controller DualSense PS5 – Ditengah euforia perilisan PS5 yang sedang ramai saat ini membuatnya ramai – ramai diborong di luar negeri sana. Tidak hanya konsolnya yang punya ukuran yang besar dan terasa berat saat dipegang tangan, kontroler PS5 juga tidak luput dari perhatian publik, selain karena bentuknya yang sangat berbeda dari DualShock 4 ia juga punya fitur yang menjadi jualan nomor satu bagi PS5. Apalagi kalo bukan Adaptive Trigger dan Haptic Feedback.

Seperti yang kita tahu di era sebelumnya untuk menggunakan kontroler PlayStation saat memainkan game di PC harus menggunakan software tambahan, agar input dari DualShock dapat diterjemahkan menjadi input layaknya kontroler Xbox. Hingga akhirnya Valve merilis dukungan untuk DualShock 4 kala itu agar dapat digunakan di Steam Big Picture.

 

DualSense kini dapat kalian gunakan di Steam Client Beta

 

Kini hal yang sama juga dilakukan Valve dengan kontroler terbaru DualSense PS5, mengingat antisipasi gamer dengan konsol milik Sony satu ini lumayan tinggi. Lewat pengumuman yang dipublish di situs steam community, Valve menyebutkan DualSense kini dapat digunakan dengan menggunakan Steam Input API. Ini berarti LED, touchpad, rumble dan gyro tersedia secara penuh bagi para player untuk melakukan konfigurasi menggunakan Steam client Beta. Berbeda dengan fungsi dasar yang sempat ditambahkan oleh Valve minggu lalu di Steam client Beta.

Steam Input API sendiri merupakan sebuah tool yang memungkinkan para pemain untuk melakukan plug & play serta remapping layout kontroler pada game yang didukung di Steam. Hal ini juga membuat kontroler dapat digunakan secara lancar hanya dengan menghubungkannya secara langsung dan akan mendapatkan konfigurasi dan mapping yang tepat di dalam game.

Valve sendiri mencatat bahwa hampir jutaan pemain di Steam menggunakan kontroler tiap harinya pada game yang bisa dimainkan dengan kontroler. Valve juga menambahkan bahwa hampir 60% pemain menggunakan kontroler pada game yang Controller Friendly.

Kita lihat saja apakah nantinya Valve juga akan mengerjakan dukungan penuh untuk haptic feedback dari DualSense di Steam, yang mana merupakan jualan utama dari controller DualSense itu sendiri dan juga PS5. Bagaimana dengan kalian? Tertarik untuk membeli PS5? Atau hanya ingin membeli DualSense saja agar dapat kalian mainkan di PC? Kasih tahu kami pendapat kamu.

More Stories
Oculus Quest Headset VR Komponen Pelengkap Game Half-Life Alyx
Enable Notifications    Ok No thanks