Gabung sekarang juga di PortalGaming.id - klik disini
[TECH] Microsoft Segera Bawa Aplikasi Linux Berbasis GUI Ke OS Windows 10

[TECH] Microsoft Segera Bawa Aplikasi Linux Berbasis GUI Ke OS Windows 10

Last updated:

[TECH] Microsoft Segera Bawa Aplikasi Linux Berbasis GUI Ke OS Windows 10 – Microsoft berjanji akan meningkatkan Windows Subsystem Linux (WSL) dengan dukungan aplikasi GUI dan hardware acceleration GPU. Microsoft juga menambahkan full linux kernel ke Windows 10 dengan WSL versi ke 2 pada akhir bulan ini. dan sekarang raksasa software tersebut berencana untuk mendukung aplikasi GUI yang dapat berjalan secara bersamaan dengan aplikasi Windows 10 pada umumnya.

Fitur ini akan berjalan untuk semua pengguna tanpa harus menggunakan display server X11, dan hal ini benar – benar dirancang untuk pengembangan menjalankan Linux IDE bersama dengan aplikasi Windows 10.

Meski begitu untuk menjalankan aplikasi GUI linux ini yang sebelumnya menggunakan server X pihak ketiga, terdapat masalah yang cukup serius yakni pada bagian kinerja grafis dan Microsoft berjanji akan mneyelesaikan masalah ini. Akselerasi GPU pada aplikasi GUI linux juga merupakan fitur berguna di Windows 10, terutama untuk masalah parallels computiation atau melakuan train data pada model machine learning maupun AI (artificial intelligence).

 

[TECH] Microsoft Segera Bawa Aplikasi Linux Berbasis GUI Ke OS Windows 10

 

Fitur terbaru ini akan mulai muncul dalam beberapa bulan ke depan untuk Windows 10 Insiders Fast Ring, Microsoft juga berencana untuk membagikan informasi lebih lanjut mengenai waktu untuk dukungan aplikasi GUI linux pada akhir tahun ini.

Selain itu Microsoft juga menambahkan OpenSSH secara native di Windows 10 lewat Ubuntu SUSE Linux, dan Fedora di Microsoft Store. Windows Terminal command line tool diluncurkan ke preview pada akhir tahun lalu dan sekarang tool tersebut sudah mencapai versi 1.0 pada minggu ini, lalu Microsoft bahkan akan mengintegrasikan file Linux di dalam File Explorer Windows 10 nantinya.

More Stories
Dampak Covid-19 Layanan Cloud Microsoft Naik 775%